Cara Bermain Alat Musik Kalimantan Tengah

Katambung

Bermain alat musik Tradisional Kalimantan tengah dan penjelasannya

Ini akan kami rangkumkan untuk berbagai alat musik yang ada di Kalimantan Tengah.

Sebuah alat musik modern yang ada saat ini bisa menggantikan berbagai alat musik tradisional yang merupakan alat musik tradisi peninggalan nenek moyang Bangsa Indonesia.

Agar tidak punah, maka ada baiknya kita mengetahui berbagai alat musik tradisi tersebut yang masih ada dibelahan bumi Nusantara.

Apa saja alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah? Ini akan kami rangkumkan,berikut daftarnya :

1.Kecapi

Kecapi

Kecapi adalah salah satu alat musik tradisional khas yang dipergunakan oleh masyarakat suku dayak di Kalimantan Tengah.

Alat musik kecapi dari Kalimantan Tengah ini memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan alat musik sampe yang berasal dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur atau Kalimantan Utara.

Akan tetapi, kecapi dari daerah Kalimantan Tengah khususnya dari suku dayak memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dari alat musik sampe dan alat musik lainnya.

Perbedaan sampek dan kecapi khas dayak Kalimantan Tengah antara lain dari segi nada, nada Sampek adalah mayor, dan di mainkan dengan beat yang slow.

Sedangkan Kecapi memiliki nada minor dengan jumlah 2 senar untuk rhythm dan 3 senar untuk lead nya, dimana pada sampek terdiri dari 5 senar.

2.Sarun

Sarun

Sarun adalah salah satu alat musik tradisional suku Dayak Kalimantan Tengah yang dibuat dari bahan logam / besi.

Sarun ini sama dengan alat musik sar di Pulau Jawa, namun tentu saja memiliki suatu hal yang khas yang menjadikan sarun berbeda dari saron.

Sebut saja dari jumlah lempengan logam sarun yang hanya memiliki 5 buah lempeng sehingga memiliki nada Do, Re, Mi, Sol dan La berbeda dengan peralatan musik lainnya yang memiliki nada lengkap Do, Re, Mi, Fa, Sol, La dan Si.

Cara memainkan Sarun cukup dengan cara menabuhnya bergantian sesuai dengan nada yang ingin dihasilkan dari setiap lempengan-lempengan besi atau logam pada Sarun yang disusun secara berjajar pada bagian dasar.

3.Suling Balawung

Suling Balawung

Suling balawung adalah merupakan alat musik suling yang berasal dari suku dayak yang ada disepanjang sungai katingan Kalimantan Tengah.

Suling balawung ini termasuk alat musik tiup yang populer dan disakralkan oleh masyarakat dayak. Suling balawung terbuat dari bambu tamiang dan memiliki 5 nada do-re-mi-so-la (pentatonik). Unik kan untuk alat musik satu ini.

Suling Balawung adalah salah satu dari sekian banyak type suling di Kalimantan Tengah yang dimainkan oleh kaum wanita dayak. Ini yang membuat alat musik satu ini menjadi legendaris lo.

4.Suling Bahalang

Suling Bahalang

Berbeda dengan suling balawung yang memiliki lubang 5 (memiliki 5 nada), suling bahalang merupakan alat musik tiup bertype suling dengan memiliki 7 lubang.

Alat musik bahalang ini masih merupakan alat musik yang dibuat dari bahan bambu. Dan bambu yang di gunakan harus kuat dan berkualitas, sehingga alat musik ini bisa bertahan lama dan awet.

5.Katambung

Katambung

Katambung adalah alat musik perkusi sejenis gendang yang berasal dari suku dayak Kalimantan Tengah. Katambung merupakan bahasa Dayak yang berarti “pukul”. Alat musik ini mirip dengan alat musik tifa dari Papua.

Katambung terbuat dari bahan kayu ulin / kayu meranti yang sudah dikeringkan dengan panjang sekitar 75 cm dan diameter 10 – 18 cm. Adapun ujung kayu ulin tersebut diberi tutup dari kulit membran ikan buntal.

Agar katambung bisa berbunyi dengan merdu diperlukan teknik dalam penggunaan alat musik katambung ini, yaitu kulit membran dipukul dengan jari-jari tangan kanan.

Sementara tangan kiri memegang badan katambung atau diletakkan di atas pelimping dengan dengan posisi jari-jarinya menjulur ke depan (menjuntai ke bawah permukaan kulit membran).

Related posts

Leave a Comment