Cara Bermain Alat Musik Organ

Organ Elektronik

Cara Memainkan Alat Musik Organ dan Penjelasannya

Alat musik modern tuts yaitu organ. Sama halnya dengan piano, organ dapat menghasilkan nada nada tertentu dengan menekan tuts nya. Kenapa tutsnya tersebut bisa berbunyi?

Cara kerjanya yaitu ada tekanan udara yang mengalir ke beberapa pipa. Nah udara-udara tersebut disetel supaya dapat menghasilkan bunyi yang kita kehendaki.

Tidak seperti dengan piano, organ sendiri dapat mengeluarkan suara yang terbilang khas, diantaranya yaitu ketika kita terus tekan tutsnya, suaranya tidak mengecil atau terus berkelanjutan.

Selain itu walaupun memiliki karakteristik hubungan tempo yang terbilang lemah, akan tetapi untuk lokalisasi frekuensi tergolong bagus. Makanya lebih cocok organ dipakai untuk acara acara paduan suara non-musisi.

Organ dibagi dalam dua jenis yaitu Organ Pipa dan Organ Elektronik. Organ mempunyai pedal yang banyak. Ini akan kami rangkumkan 2 jenis organ ini :

1. Organ Pipa

Organ Pipa

Organ pipa adalah organ yang memiliki pipa-pipa raksasa. Organ pipa memiliki deretan tuts lebih dari satu (biasanya 4 seperti terlingkar pada gambar) , dan tombol analog yang sangat banyak.

Suara yang dihasilkan dari organ yaitu akustik, suara pipa. Suaranya yang dihasilkan berasal dari pipa-pipa raksasa tersebut dan yang dihasilkan hanya suara organ, tapi bisa berbagai variasi.

2. Organ Elektronik

Organ Elektronik

Organ elektornik berbeda dengan organ pipa, organ elektronik memiliki tuts 2-3 baris dan pedal kaki yang sangat banyak melebihi organ pipa.

Pada jaman sekarang, orang-orang sudah beralih dari organ pipa ke organ elektronik yang menjadi sumber suara organ. Ini ciri khas dari alat musik satu ini.

Suara yang dihasilkan organ elektronik adalah elektronik dan bermacam-macam variasi. Tombol yang berada pada organ elektronik banyak dan digital.

Related posts

Leave a Comment