Cara Bermain Gamelan

gamelan

Sejarah Main Alat Musik tradisional Gamelan Jawa Tengah

gamelan

Gamelan berasal dari Jawa Tengah yang mempunyai jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul – pukul dengan alat pemukul.

Sejarah gamelan

Jika kita mengingat masa lalu, sebenarnya pada awalnya gamelan hanya terdiri atas satu buah gong yang besar.

Kemudian seiring waktu berjalan lama-lama dari satu buah gong yang besar ditambahkan dengan gong-gong yang ukurannya lebih kecil dan juga dengan berbagai ragam bentuk seperti halnya yang kita jumpai sekarang ini.

Menurut orang daerah jawa, gamelan ini di ciptakan oleh dewa yang sedang menguasahi daerah jawa yaitu Sang Hyang Guru. Sang hyung guru mendiami gunung mahendra atau sering disebut dengan gunung lawu.

Asal usul nama gamelan

Nama gamelan berasal dari 2 suku kata gamel dan imbuhan an. Kata gamelan berasal dari bahasa jawa gamel mempunyai arti memukul atau bisa juga menabuh dan imbuhan an diartikan kata benda.

Sedangkan istilah gamelan mempunyai arti satu kesatuan alat musik yang dimainkan secara bersama untuk memainkan alat musik ini.

Alat alat musik gamelan

1.Kendang

Kendang merupakan instrumen di dlama gamelan jawa tengah dan jawa barat. Kendang mempunyai fungsi utama dalam mengatur irama. Kendag ini dimainkan dengan tangan tanpa harus menggunakan alat bantu. kendang merupakan salah satu alat musik gamelan.

2.Saron

Saron mempunyai nama lain yaitu ricik. Saron atau ricik merupakan salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga dari balugan. Di dalam satu gamelan biasanya terdapat 4 saron. Dan semua saron memiliki pelog dan selendro.

3.Demung

Demung merupakan salah satu anggota dari instrumen gamelan yang tergolong juga dengan keluarga balungan sama seperti saron. Bentuk dari demung ini juga sama dengan saron, bahkan terlihat mirip. Demung juga mempunyai dua versi yaitu pelog dan slendro.

4.Kenong

Kenong merupakan salah satu alat musik yang menyusun gamelan. Cara memainkan kenong adalah dengan memerlukan bantuan dari alat pukulnya. kenong berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra, yaitu menegaskan irama.

5.Slenthem

Slenthem termasuk dalam salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam yang tipis yang diuntai dengan tali dan juga direntangkan di atas tabung-tabung dan menghasilkan dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik, dan juga balungan jika di mainkan atau di tabuh.

Related posts

Leave a Comment