Cara Bermain Gitar

gitar

Cara Bermain Gitar dan Sejarahnya

gitar

Gitar merupakan alat musik modern yang paling banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat. Alat musik satu ini tidak akan kehilangan jaman nya.

Pada awalnya alat musik ini bentuknya kecil dan memiliki empat dawai yang masing – masing berpasangan. Selama jaman Renaissance, alat musik gitar tidak populer dan tidak diminati masyarakat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, umumnya dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Gitar mempunyai dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

1.GITAR AKUSTIK

gitar biasa

Gitar akustik pada umumnya mempunyai lubang di tengah tubuhnya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran sinar senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat pada gitar yang masuk ke dalam ruang suara.

Suara yang sudah masuk ke dalam ruangan akan beresonasi terhadap kayu badan gitar. Kualitas kayu dan senar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan sehingga menghasilkan nada yang enak banget di denger.

Umumnya gitar jenis ini banyak dimainkan sebagai instrument solo, soalnya bisa mengeluar kan suara yang merdu dan melow. Jadi kalau untuk mengatakan perasaan kepada pasangan, kebayangkan romantis nya.

2.GITAR ELEKTRIK

gitar listrik

Sementara gitar elektrik atau biasa dikenal dengan gitar listrik berbentuk padat tanpa ada lubang di badannya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran senar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar, biasa disebut pickup.

Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secar elektronik dengan gitar effect sebagai reverb ataupun Pokoknya gitar ini tidak akan kehilangan jaman nya dech.

Gitar jenis ini terkenal luas digunakan sebagai instrument utama pada berbagai macam genre musik zaman sekarang, seperti musik jazz, reggae, metal, rock, pop, country dan lainnya. Kalau gitar elektrik ini tidak cocok sie untuk suasana romantis.

Asal usul Sejarah gitar listrik bermula pada tahun 1930, ketika seorang yang bernama George Beauchamp mulai mencari cara untuk menambah volume gitar.
Diketahui jika suatu kawat di beri gaya medan magnet maka dapat menciptakan arus listrik.

Pada abad 17 atau periode Baroque dawai (string) gitar ditambahkan menjadi lima yang masing – masing dawai berpasangan, ini memungkinkan para pemain memainkan musik yang lebih kompleks dan luas.

Pada periode klasik sekitar tahun 1750 – 1775 banyak melahirkan komposer — komposer gitar terkenal diantaranya Fernando Sor, Mauro Giuliani, Matteo Carcassi, D. Aguado dan Fernando Carulli.

Mereka menulis musik dan sering mengadakan konser — konser gitar di berbagai tempat. Pada saat itu alat musik gitar sangat populer dan diminati banyak orang.

Itu dia 2 jenis gitar yang kami rangkum kan, semoga bisa bermamfaat ya. JIka ingin melihat cara bermain musik lain nya bisa lihat di www.carabermainalatmusik.com

Related posts

Leave a Comment