Cara Bermain Kecapi

Kacapi Indung

Alat musik tradisional Kecapi legendaris dan Asal Usul nya

kecapi 1

Kecapi berasal dari Sulawesi Barat yang mempunyai jenis bunyi Kordofon. Cara memainkannya dengan dipetik di bagian senarnya.

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang sudah dikenal berabad-abad yang lalu, mulanya dari negeri China, namun memiliki nama yang berbeda yaitu Ghuzeng. Kecapi umumnya dipakai untuk mengiringi lagu-lagu yang sifatnya lebih lembut dan mendayu.

Kayu yang digunakan yaitu, kayu kenanga dan itu pun harus direndam terlebih dahulu kurang lebih sekitar 3 bulan.

Senar yang digunakan juga tidak sembarangan, untuk mendapatkan nada yang bagus haruslah menggunakan kawat suasa (logam campuran tembaga dan emas), seperti kecapi yang dibuat pada zaman dulu.

Kecapi zaman lebih banyak menggunakan kawat dari bahan kawat baja, karena harga kawat suasa sangat mahal.

Kacapi Indung
Kacapi

Kecapi Suling merupakan sebutan dari perangkat waditra Sunda yang ada hampir di semua daerah di Tatar Sunda. Waditra terdiri dari dua bagian yaitu kecapi dan juga suling.

Walaupun sering disajikan secara Instrumentalia, Kecapi juga dapat digunakan untuk mengiringi juru Sekar yang biasa menyanyikan lagu-lagu secara Rampak Sekar dan Anggara Sekar.

Ini beberapa lagu yang sering disajikan diantaranya, Kaleon, Sinom Dengung, Talatur dan masih banyak lainnya. Laras Salendro, Pelog atau Sorog sering dipergunakan sebagai Larasnya.

Daerah Sunda merupakan daerah dimana alat musik Kecapi pertama kali terjamah di Indonesia.

Kini alat musik kecapi tidak hanya populer di negara asalnya saja, namun para pemusik tradisional Indonesia juga sudah menggunakan alat musik kecapi sebagai alat musik daerah.

Dalam tembang Sunda atau mamaos cianjuran dan kecapi suling merupakan alat musik yang dimainkan sebagai alat musik utama.

Dalam bahasa sunda, asal usul musik kecapi merujuk kepada tanaman sentul yang mana kayunya dipercaya sebagai bahan pembuat kecapi. Kecapi Sunda memiliki 5 nada pentatonis atau tangga nada yaitu, Da, Mi, Na, Ti, La.

Mungkin itu sedikit ulasan tentang alat musik kecapi sebagai alat musik tradisional yang memberi pengaruh dan perkembangan bagi musik Indonesia sampai saat ini.

Related posts

Leave a Comment