Cara Bermain Serangko

serangko

Cara Main Alat musik tradisional Serangko dan Sejarah

serangko
serangko

Budaya Masyarakat Jambi memang memiliki kaitan erat dengan budaya Melayu. jadi tidak heran,secara Statistik lebih dari 37% penduduk jambi sejatinya memang berasal dari suku Melayu.

Kenyataan ini membuat kita akan melihat beragam peninggalan adat Melayu dalam budaya masyarakat provinsi ini. salah satunya adalah alat musik tradisional Jambi ( Serangko )

Serangko berasal dari Jambi yang terbuat dari tanduk kerbau. Cara menggunakan Serangko adalah dengan ditiup, serangko biasa digunakan untuk pemberitahuan jika ada musibah di masyarakat Jambi.

Atau sebagai sarana informasi adat mengenai pemberitahuan komando dari komandang perang dan pemberitahuan tentang akan datangnya suatu musih

Untuk alat musik Serangko ini suara nya cukup keras, selain itu alat musik ini juga bisa untuk menghasilkan nada-nada melodis jika di mainkan dengan mekanisme buka tutup lubang.

Serangko adalah sejenis alat musik tiup yang terbuat dari tanduk kerbau yang panjangnya mencapai 1 meter sampai 1,5 meter.

itu rangkuman dari kami carabermainalatmusik.com, semoga bermamfaat ya. Untuk melihat cara bermain alat musik lain nya untuk alat musik modern dan alat musik trandisional bisa ke www.carabermainalatmusik.com

 

Related posts

Leave a Comment