Mengenal Alat Musik Siter

Mengenal Alat Musik Siter

Siter merupakan komponen dari pertunjukan gamelan,siter yang bentuknya hampir mirip kecapi ini berasal dari jawa tengah,sedangkan sejarah siter berawal dari bahasa Belanda yaitu citer atau zihter.Siter termasuk kedalam golongan alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik dengan bantuan ibu jari.Dan untuk jari lainnya bisa untuk menahan getaran yang dihasilkan dari petikan senar tersebut.

Untuk posisi jari pada kedua tangan digunakan untuk menahan, sedangkan jari tangan kanan bisa diposisikan pada bagian bawah senar.Jari tangan kiri kita bisa diposisikan berada di atas senar

Panjang alat musik ini yaitu sekitar 30 cm. Terdapat 11 dan 13 pasang senar pada masing-masing siter. Senar tersebut akan direntangkan di kedua sisinya yang berada di antara kotak resonator pada siter. Untuk setelan senarnya akan dibuat setelan nada pelog dan slendro.
siter juga di bagi menjadi tiga golongan yaitu jenis siter berukuran normal,siter Cemplung dengan dengan ukuran lebih besar dan siter penerus memiliki ukuran lebih kecil dari siter pada umumnya

sedangakan siter calempung memiliki nada rendah,celempung dan siter juga memiliki bentuk trapesium.pada setiap sudut terdapat kaki yang dibuat dengan menggunakan kayu.Kegunaannya adalah untuk menyangga berdirinya badan.

Cara memetiknya yaitu jari telunjuk tangan kanan bertumpu pada srenten dan ibu jari tangan kanan memetik kawat.Tiga jari yang lain dimasukkan kebagian bawah kawat menghadap ke atas.Tugasnya yaitu agar bisa menghentikan kawat yang tengah atau kawat yang sudah dipetik.

Pada tangan kirinya semua jari diletakkan diatas permukaan kawat.Ibu jari tugasnya yaitu memetik kawat.Sedangkan jari yang lain memiliki tugas untuk menghentikan kawat yang telah dibunyikan.

Siter memiliki ciri khasnya yaitu memiliki setelan yang menggunakan nada pelog dan untuk senar yang lainnya menggunakan slendro.

Pemain siter biasanya akan memakai tangan kanannya untuk memetik dan menggunakan jari tangan kirinya agar bisa menahan getaran setelah senar dipetik.

mungkin itu saja informaasi yang bisa saya share,jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang telah kita sediakan.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.