Bermain Angklung dan Sejarahnya

 Bermain Angklung dan Sejarahnya

 

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia,yang tepatnya berasal dari Jawa Barat. Angklung sendiri berhan dasar bambu.Di mana cara memainkannya dengan digoyangkan,sehingga menghasilkan nada.akan tetapi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) angklung alat musik tradisional yang dibuat dari tabung bambu.

Dalam sejarah angklung merupakan alat bunyi-bunyian yang dipakai unutk upacara-upacra yang berhubungan dengan pari/padi,dulunya angklungbukan digunakan untuk kesenian melainkan dipergunakan untuk acara ke agaman/kepercayaan.

hadirnya angkulng di indonesia sejak zaman hindu,Pada abad 12-16 Kerajaan Pajajaran (Hindu),angklung pernah dijadikan sebagai alat musik korp tentara kerajaan,dan pada saat terjadinya perang Bubat.Angklung dibunyikan oleh tentara kerajaan sebagai pembangkit semangat juang atau tempur.

Cara memainkan alat musik ini pada dasarnya sangat mudah, yaitu salah satu tangan memegang kerangka Angklung dan satunya menggoyangkan bagian bawah Angklung tersebut hingga menghasilkan suara.

Ada tiga teknik dasar dalam memainkannya, yakni Kulurung (getar),Centak (disentak),dan Tengkep (menggetarkan salah satu tabung,sementara tabung bagian lainnya ditahan sehingga tidak ikut bergetar).

Untuk memainkan satu unit angklung guna membawakan suatu lagu,akan diperlukan banyak pemusik yang dipimpin oleh seorang konduktor.

Pada tiap pemusik akan dibagikan satu hingga empat angklung dengan nada berbeda-beda.Kemudian,konduktor akan menyiapkan partitur lagu,dengan tulisan untaian nada-nada yang harus dimainkan.

Konduktor akan memberi aba-aba,dan masing-masing pemusik harus memainkan angklungnya dengan tepat sesuai nada dan lama ketukan yang diminta konduktor.

Selain nadanya berbeda-beda,jenisnya juga bermacam-macam,di antaranya Angklung Kanekes, Angklung Reyog,Dogdog Lojor,Angklung Padaeng,Angklung Sarinande,Angklung Gubrag, dan Angklung Badeng.

Dalam perkembangannya,kesenian angklung tidak hanya dijadikan sebagai alat musik pada perayaan bercocok tanam saja,namun juga sebagai kesenian musik seperti orkestra.

kini angklung menjadi kesenian yang populer hingga mancanegara pun sangat menggagumi permainan kesenian angklung.

jadi untuk kalian para pecinta musik,jadikanlah hobimu segabai pekerjaanmu.maka jangan pernah malu dengan identitas kalian.

buatlah negara lain takjub melihat kesenian kita,seperti yang terjadi baru baru ini..mungkin kalian yang sering nonton youtube Alip_Ba_TA,namanya pun mencuat hingga keluar negeri.selamat mencoba

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.