Cara Bermain Alat Musik Fu

Cara Bermain Alat Musik Fu

 

 

Alat musik yang terbuat dari kerang ini merupakan alat musik khas daerah Maluku,dengan sangat mudah alat ini bisa dimainkan,mulai dari anak2 hingga orang dewasapun bisa memainkan alat musik ini,Fu dapat diamainkan dengan ditiup,hanya saja bahan untuk membuat fu ini terbilang langka.dibutuhkan usaha keras untuk mendapatkan kerang keong yang bisa dijadikan Fu.

Bianya masyarakat Maluku Utara,ketika ingin mencari kerang meraka harus menyelam ke dalam laut,agar mendapat bahan yang sesuai kebutuhan Fu,tidak semua kerang dapat berbunyi.

Fu dahulunya Selain digunakan untuk memanggil penduduk,alat musik ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khususnya masyarakat Suku Asmat,Kabupaten Merauke.Biasanya fu dimainkan dan menjadi paduan harmonisasi yang memberikan warna tersendiri pada ciri khas musiknya.

Bunyi yang dihasilkan fu cenderung keras dan berdengung.Dibutuhkan penguasaan teknik bermain dan pernapasan yang baik supaya bisa memainkan alat musik fu.Biasanya alat musik tradisional ini digunakan dalam upacara adat atau untuk mengiringi nyanyian bersamaan dengan alat musik lainnya.

sayangnya musik ini peralahan mulai hilang atau ditinggalkan,entah karena bahan yang susah di dapat atau perkembangan jaman yang telah mengkikisnya,padahal alat musik Fu ini bisa menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun manca negara,semoga pemerintah Maluku bisa menjaga kelestarian alat musik ini..itulah artikel pendek yang bisa saya bagi kepada anda.sekian terima kasih dari www.carabermainalatmusik.com silahkan baca juga alatmusik nusantara

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.