Cara Bermain Harmonika

Cara Bermain Harmonika

Harmonika merupakan alat musik yang berbentuk persegi panjang,dengan lubang kecil di depan dan dibelakang,dengan suara yang khas terasda ada kesenangan sendiri ketika memainkannya.

Nah,untuk kalian yang ingin belajar Harmonika kami telah merangkumnya,agar anda juga dapat mempelajarinya

Ketika Belajar harmonika kalian harus tau dulu jenis harmonika apa yang ingin kalian gunakan,ada beberapa jenis hamronika yaitu,Diatonik,Chromatik,Tremolo,bahkan sampai jenis Chord yang terbesar.Pada kali ini saya memakai jenis Harmonika diatonik sebagai referensi dari artikel kali ini,biasanya bagi pemula harmonika jenis diatonis dan kromatik,yang sering digunakan..

Meniup Harmonika

Harmonika diatonik biasanya mempunyai 10 lubang yang kecil dan sedikit berdempetan.Untuk benar-benar disebut bisa dalam memainkan harmonika,kalian harus dapat meniup satu lubang tanpa mengeluarkan suara dari lubang lainnya,atau disebut juga single note.Ada dua tekhnik untuk tata cara meniup harmonika yaitu:

  • Teknik siul

Teknik ini memakai bentuk bibis bersiul untuk meniup satu lubang di harmonika,kalian dapat memajukan bibir depan kalian lalu tempel ke lubang harmonikanya dan mulailah belajar meniup satu lubang dengan satu suara dan lubang lain yang tidak difokuskan tidak bersuara.

  • Teknik lidah

Teknik ini adalah teknik yang saya pakai.Teknik ini menggunakan lidah sebagai acuan untuk memfokuskan lubang mana yang akan ditiup.Pertama kalian dapat menempelkan ujung lidah kalian pada lubang yang akan difokuskan,lalu mulailah meniup pelan-pelan untuk mendapatkan suara yang diinginkan.

Over Blow

Teknik overblow merupakan teknik yang susah untuk dilakukan.Teknik inipun hanya sedikit yang dapat melakukannya.Caranya yaitu dengan membentuk bibir sedemikian rupa dengan lidah yang dibentuk didepan lubang yang akan ditiup,teknik overblow biasanya dipakai di lubang 7 sampai lubang 10.Jika pitch bending untuk menurunkan nada,tekhnik ini dipakai untuk menaikkan nada.

Over Bending

Over bending sama halnya dengan pitch bending,tetapi pitch bending dipaakai untuk mengurangi lebih dari setengah nada pada nada dasar harmonika.

Vibrato

Vibrato dapat,kalian lakukan dengan cara menutup bagian belakang harmonika dengan bagian tangan kanan yang tersisa.Ketika kalian tiup harmonikanya kalian dapat menggerakan tangan kanan kalian untuk membuka tutup lubang pada bagian belakang harmonikanya yang akan memberikan efek vibrato.

Pitch Bending

Yaitu mengeluarkan nada lebih rendah dari nada yang terdapat pada harmonika.Ini dilakukan dengan cara menggerakkan lidah sehingga menutup setengah lubang nada harmonika lalu kalian hisap sehingga menghasilkan nada mol (b),ini hanya dapat digunakan pada lubang 1 sampai 4 dan dengan cara di hisap.Bahkan jika sudah biasa melakukannya kalian dapat memakainya untuk memainkan lagu blues dan lagu shuffle.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.