Kolintang Musik Asli Minahasa

Kolintang Musik Asli Minahasa

 

 

musik kolintang berasal dari sulawesi utara yang didominasi oleh suku Minahasa.Suku Minahasa memiliki kebudayaannya sendiri dimulai dari bahasa,adat istiadat,dan kesenian seperti tari serta alat musik. Salah satu alat musik tradisional Suku Minahasa Sulawesi Utara yang sangat terkenal adalah kolintang.

untuk cerita kolintang sendiri bermula Dalam suatu desa di Minahasa terdapat seorang gadis yang sangat cantik dan pandai bernyanyi bernama Lintang.

pada suatu hari lintang dilamar oleh pemuda pengerajin kayu,lintang akan menerima tawaran lamaranya jika pemuda itu bisa menemukan alat musik yang bunyinya lebih merdu dari seruling emas.

Makasiga berhasil menemukan alat musik tersebut,dan akhirnya ia beri nama Kolintang.

Kolintang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul pada wilahan(kayu)yang diletakkan diatas wadahnya.Alat musik kolintang dipukul ringan dengan menggunakan alat pukul khusus dan dimainkan menggunakan kedua tangan

Memainkan kolintang membutuhkan skill agar menghasilkan nada yang diinginkan.Meskipun kalian mampu mengatur tenaga untuk memukulnya,suara yang dihasilkan tetap harus diatur dan dikenali agar menciptakan lantunan melodi yang diinginkan.

Di beberapa daerah,kolintang memiliki nama sebutan kulintang.Namun,intensitas penggunaannya masih sama.Dalam perkembangannya,kolintang telah melewati berbagai budaya dan pengaruh dari agama-agama yang ada di Indonesia

Wilahan yang terdapat pada sebuah kolintang biasanya berjumlah setidaknya 10 buah.Masing-masing memiliki panjang dan suara yang berbeda-beda.
Karena suaranya yang indah,kolintang bisa menggantikan peran alat musik lain dalam sebuah penampilan dan berperan mengisi kekosongan,seperti bagian:

  • Melodi
  • Juke
  • Benjo
  • Gitar
  • Bass

Dalam penyusunannya,melodi biasa diletakkan di depan tengah,bass di belakang kanan,cello di belakang kiri,sementara alat yang lain bisa menyesuaikan lebar panggung dengan memperhatikan fungsi alat (tenor atau alto).

Saat ini kolintang biasa dimainkan untuk mengiringi musik,tari tradisional,maupun penyambutan tamu.

itulah alat musik asli dari nusantara dan lahir di nusantara,jadi perlu anda ingat bahwa indonesia itu kaya akan budaya,smuber daya alam,dan adatnya,lestarikan budaya kita,kata bung karno saat berpidato,bangsa yang kaya ialah bangsa yang memiliki ideologi dan beridentitas,salam santun dari kami,jangan lupa baca juga artikel lainnya.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.