Mengenal Alat musik Bonang yuk?

Mengenal Alat musik Bonang yuk?

Bonang merupakan alat musik yang terbuat dari bahan perunggu,Bonang juga salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah mengglobal.Bonang berasal dari daerah Jawa Timur.Cara memainkan Bonang adalah dengan dipukul supaya menghasilkan bunyi ideofon.Alat musik ini hampir selalu ada pada setiap acara-acara besar adat Jawa.

salah satu alat musik karawitan ini cukup menarik,Karawitan ialah jenis kesenian musik tradisonal jawayang mengacu pada gamelan,sedangkan karawitan ini dikemas dalam format paduan anatara kesenian alat musik gamelan (instrument gamelan dan alunan suara vokal yang indah sehingga enak didengar,
gamelan tidak bisa luput dari acara adat kehidupan orang jawa

Dalam permainan gamelan,dikenal tiga jenis alat musik bonang yang masing-masing memiliki ukuran fisik dan susunan nada yang berbeda.Mari simak ketiga macam alat musik bonang dan ciri khasnya berikut!

1. Bonang Penerus

Bonang penerus memiliki ukuran paling kecil dari dua jenis bonang lainnya.Meskipun berukuran kecil,namun jenis bonang yang satu ini memiliki oktaf yang tinggi dan memiliki kecepatan dua kali lipat dari bonang barung.Karena memiliki kecepatan dan nada yang tinggi,sehingga bonang penerus hanya bisa digunakan untuk lagu tuntunan,dan biasanya dimainkan bersama dengan bonang barung dalam lagu-lagu jalin.

2. Bonang Barung

Bonang baru merupakan ragam alat musik bonang yang berukuran sedang.Kalau bonang penerus memiliki oktaf yang tinggi,bonang barung memiliki oktaf dari sedang hingga tinggi.Bonang barung biasanya menjadi salah satu instrumen pemuka dalam ansambel atau permainan musik yang melibatkan kombinasi beberapa jenis alat musik yang bisa dimainkan secara harmonis.

Pada teknik tabuhan pipilan,bonang barung berfungsi untuk mengantisipasi nada-nada yang akan datang dan menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya.Sementara pada teknik tabuhan imbal-imbalan,bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun,melainkan untuk membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang Penerus.

3. Bonang penembung

Bonang panembung memiliki ukuran paling besar dibandingan dengan bonang penerus dan bonang barung, serta beroktaf tengah sampai rendah. Hampir tiap seniman karawitan memiliki seperangkat bonang barung maupun bonang penerus, namun bonang penembung jarang dipunyai kalangan masyarakat umum, kecuali kalangan masyarakat kraton, dan hanya ditemukan dalam perangkat gamelan gaya Yogyakarta.

Cara menabuh alat musik bonang

Ada tiga teknik yang digunakan dalam menabuh bonang.Teknik pertama yaitu dua nada ditabuh bersamaan,teknik kedua adalah beberapa nada pada bonang ditabuh secara satu per satu atau disebut mipil,dan teknik ketiga adalah imbal-imbalan.

1. Dua Nada Ditabuh Bersamaan

Teknik ini memiliki dua macam jenis pukulan yaitu gembyang dan kempyung,Teknik gembyang dilakukan dengan cara menabuh bonang menggunakan kedua tangan pada dua nada yang sama secara bersamaan,misalnya nada 2 rendah dipukul bersamaan dengan nada 2 tinggi atau nada 1 tengah dipukul bersamaan dengan nada 1 tinggi.Sementara teknik kempyung dilakukan dengan cara menabuh bonang menggunakan kedua tangan pada dua nada yang berbeda secara bersamaan.

2. Nada Ditabuh Satu Per Satu (Mipil)

Mipil berasal dari kata pipil yang dalam bahasa Jawa berarti mengambil biji  satu per satu.Hal ini yang serupa dengan teknik ini yaitu memukul bonang satu persatu nada bagian pencon.Pola mipil pada masing-masing jenis bonang dilakukan secara berlawanan.Misalnya ketika bonang barung dipukul dengan teknik mipil lombo, maka bonang penerus menggunakan teknik mipil lados.

3. Teknik Imbal-Imbalan

Teknik ini merupakan pola pukul imbal yang dilakukan oleh sepasang bonang,yaitu bonang barung dan bonang penerus.Biasanya teknik ini digunakan ketika penabuh gendang menabuh gandang ciblon,misalnya bonang barung pada .1.3.1.3,maka bonang penerus pada 2.5.2.5.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.